Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pemetaan Partisipatif Desa Nehas Liah Bing, Dorong Capaian Target FCPF-CF

Terbit: 4 Desember 2023

Pemetaan Partisipatif Desa Nehas Liah Bing
Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau. (Ist)

Prolog.co.id, Kutai Timur – Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan pemetaan partisipatif di Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong capaian target program Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF-CF) atau emisi gas rumah kaca.

Kepala Bidang (Kabid) Penatagunaan Tanah PLTR Kutim, Adi Hermawan mengatakan, pemetaan partisipatif ini dilakukan untuk mengetahui data dan informasi awal tentang keberadaan masyarakat adat di desa tersebut.

“Jadi, tujuan daripada itu, bermaksud untuk mengetahui data dan informasi awal tentang keberadaan masyarakat adat,” kata Adi Hermawan, Senin (4/12/2023).

Adi berharap, terbentuknya masyarakat adat di Desa Nehas Liah Bing dapat mewujudkan penyelenggaraan tata kelola hutan yang lebih baik. Dengan adanya masyarakat adat, mereka juga memiliki wilayah adat yang dijaga.

“Sehingga, posisi untuk keberadaan fungsi hutan sebagai emisi karbon itu tercapai,” harapnya.

Pemetaan partisipatif ini melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat adat, pemerintah desa, dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu 27 dan 28 November 2023.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan diskusi dan konsultasi dengan masyarakat adat untuk menggali informasi tentang keberadaan mereka, serta potensi dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga hutan.

Hasil pemetaan partisipatif ini akan menjadi bahan kajian dan arahan bagi PLTR Kutim untuk menyusun kebijakan selanjutnya terkait FCPF-CF. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved