Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Penyebab Kebakaran Pabrik Smelter Nikel Masih Menunggu Penyelidikan Polda Kaltim

Terbit: 12 Oktober 2023

Pabrik Nikel Terbakar
Pabrik Smelter Nikel yang terbakar hebat pada Rabu (11/10/2023) kemarin. (ist)

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Kebakaran hebat yang terjadi di Pabrik Smelter Nikel, Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu (11/9/2023) kemarin masih menanti penyelidikan polisi.

Khususnya untuk menemukan penyebab pasti kebakaran, yang mengakibatkan satu korban pekerja pabrik meninggal dunia.

Dijelaskan Ardhi Soemargo selaku Owner Representative PT. Kalimantan Ferro Industry (KFI). Kata dia, kebakaran terjadi saat uji coba atau commissioning mesin dan peralatan di tungku batu bara pabrik smelter nikel.

“Insiden terbakarnya terjadi di tempat persiapan bubuk batubara yang berada disamping pabrik utama, sekitar pukul 17.30 WITA kemarin,” ungkap Ardhi pada Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, tim pemadam kebakaran dari Kecamatan Sanga-Sanga berhasil mengendalikan api sekitar pukul 18.19 WITA.

Dalam kejadian tragis ini, dua Tenaga Kerja Asing (TKA) terlibat, satu di antaranya mengalami luka bakar parah dan dirawat di rumah sakit, sementara yang lainnya meninggal dunia.

Ardhi menegaskan bahwa penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan oleh pihak Polda Kaltim.

“Pihak kepolisian telah memasang garis polisi untuk menyelidiki insiden ini,” jelasnya.

Dia juga memohon bantuan dan doa dari masyarakat agar kejadian serupa tidak terulang dan penyebab kebakaran segera terungkap.

Informasi dari Polres Kutai Kartanegara mengungkapkan bahwa kebakaran terjadi ketika salah satu korban sedang bekerja di lokasi pabrik tungku, di bagian cerobong pabrik yang berfungsi untuk mengalirkan batu bara ke tungku pembakaran.

Percikan api muncul, dan seorang pekerja WNA mencoba memadamkan api dengan menggunakan besi. Namun, tindakan ini menyebabkan ledakan yang mengakibatkan pabrik tungku batu bara milik PT KFI terbakar hebat. (Redaksi Prolog)

 Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved