Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Penyuluhan Gelari Pelangi jadi Rangkaian Lomba yang Mewarnai Rangkaian HKG Ke-51

Terbit: 22 Juli 2023

HKG
Suasana lomba Penyuluh Gelari Pelangi yang menjadi rangkaian HKG PKK Ke-51.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Lomba penyuluhan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan & Pengelolaan Eknomi (Gelari Pelangi) menjadi lomba yang mewarnai kemeriahan Hari Gerak Kesatuan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG -PKK) ke-51 Kalimantan Timur (Kaltim). Lomba itu digelar di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), hari ini, Sabtu (22/7/2023).

Masing-masing perwakilan Tim PKK di setiap Kabupaten/Kota unjuk gigi dalam lomba yang dihelat sejak pukul 10.30 Wita. Menyosialisasikan gerakan minat membaca bagi lingkungan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim, Erni Makmur Hadi Mulyadi menjelaskan, lomba penyuluhan ini merupakan inisiasi dari Kelompok Kerja II PKK Kaltim yang melibatkan Dinas Perpustakaan Kukar. Tujuannya, untuk menggalakkan minat membaca dan memperkaya literasi di tengah perkembangan era digital.

“Yang kami datangi ini adalah lomba gemar membaca. Merupakan program kerja dari Pokja 2, yang bekerjasama dengan dinas perpustakaan. Alhamdulillah, kalau melihat antusias Pengurus PKK se-Kaltim tahun ini semua siap untuk menyukseskan dan mengikuti HKG ke-51,” kata Erni.

Menurutnya, pengayaan literasi dari membaca masih perlu terus ditingkatkan dan terus dijaga. Meskipun pada era digital saat ini, penyebaran informasi sangat mudah dijangkau di dunia maya. Bahkan dapat mudah diserap dengan hanya menonton video yang banyak berseliweran di internet.

“Tidak bisa dipungkiri literasi video mudah dipahami dan menarik, namun kita tidak boleh mengabaikan kemampuan membaca yang juga perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kukar, Maslianawati Damansyah mengapresiasi antusiasi peserta dari perwakilan PKK se-Kaltim. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah minat membaca. Setidaknya di lingkungan terkecil dahulu, yakni keluarga. Selain itu, bekal yang telah didapatkan dari HKG yang dihelat di Kota Raja ini diharapkan dapat diaplikasikan, sehingga keberadaan Tim Penggerak PKK di setiap daerah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Semoga dengan acara yang luar biasa ini dari kemarin dibuka dapat sukses hingga akhir,” singkatnya.

(Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved