Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pertamina Dukung Desa Martadinata dengan Proyek Cabai 5 Hektare

Terbit: 6 Desember 2023

Proyek Cabai 5 Hektare
Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat meluncurkan secara simbolis Pilot Project Pertanian Cabai 5 Hektare bersama PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area. (Ist)

Prolog.co.id, Kutai Timur – Sektor pertanian Kutai Timur kembali mengalami perkembangan positif dengan dukungan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, meresmikan Pilot Project Tanaman Cabai 5 Hektare di Desa Martadinata.

Kolaborasi antara Pemkab Kutim melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) bersama PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area. Peresmian ini dilakukan di Halaman Kantor Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan, pada Selasa (5/12/2023).

Ardiansyah Sulaiman, didampingi oleh Kepala DTPHP Kutim, Dyah Ratnaningrum, bersama Pjs Manajer Area Pertamina Gas Operation Kalimantan Area Linna Irianti, Sekretaris Desa Jumiati, serta jajaran Forkopimcam, meresmikan proyek tersebut.

Bupati Ardiansyah Sulaiman menegaskan bahwa kegiatan ini adalah implementasi nyata untuk mendukung program pangan pemerintah Indonesia. Ini merupakan langkah baru dalam meningkatkan derajat dan kesejahteraan petani.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif sektor pertanian Desa Martadinata yang mendukung ketahanan pangan, bekerja sama dengan PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area dalam Pilot Project Tanaman Cabai 5 Hektare,” ungkapnya.

Pemkab Kutim, melalui DTPHP, fokus dalam mengatasi krisis lahan pertanian dengan mengubah lahan kosong menjadi lahan pertanian yang terintegrasi.

“Ini adalah konsep pertanian terpadu yang dirancang untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman pangan. Kolaborasi dengan PT Pertamina harus terus ditingkatkan untuk memberikan dampak yang lebih positif bagi petani di Kutim,” tambah Ardiansyah.

Dalam kunjungannya, Ardiansyah Sulaiman melalui DTPHP Kutim memberikan bantuan bibit dan alat mesin pertanian (alsintan) kepada beberapa kelompok tani (poktan) di Desa Martadinata. Bantuan meliputi Cultivator, pekarangan pangan lestari (P2L), madu kelulut, pengembangan cabai, kelengkeng kateki, jahe gajah, sayuran, semangka, traktor rotari, mulsa, dan pupuk NPK mutiara untuk sejumlah poktan di desa tersebut. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved