Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Perubahan Besar Bagi PNS! Naik Pangkat 6 Kali Setahun Mulai 2024

Terbit: 3 Agustus 2023

Kenaikan Pangkat PNS
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil.

Prolog.co.id, Samarinda – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan kebijakan baru yang berdampak positif bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Mulai tahun 2024, PNS akan memiliki kesempatan untuk naik pangkat hingga enam kali dalam setahun. Kebijakan ini diatur dalam Peraturan BKN Nomor 4 Tahun 2023 tentang Periodisasi Kenaikan Pangkat PNS.

Peraturan tersebut ditandatangani oleh Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, pada 14 Juli 2023, dan diundangkan pada 24 Juli 2023. Berdasarkan pasal 2 peraturan tersebut, kenaikan pangkat PNS akan dilakukan pada tanggal 1 Februari, 1 April, 1 Juni, 1 Agustus, 1 Oktober, dan 1 Desember setiap tahun.

Sebelumnya, kenaikan pangkat PNS hanya dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 1 April dan 1 Oktober. Namun, dengan perubahan ini, pemerintah berharap dapat memberikan penghargaan atas kinerja dan pengabdian PNS kepada negara serta meningkatkan pelayanan kepegawaian.

Menurut Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, perubahan ini dilakukan untuk memudahkan ASN dalam mendapatkan kenaikan pangkat. Selain itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) juga telah memangkas klasifikasi jabatan ASN dari ribuan menjadi hanya tiga kelompok jabatan fungsional dan pelaksana.

Perubahan periodisasi kenaikan pangkat PNS pernah disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas, pada Juni 2023.

“Dulu ada 3.414 klasifikasi jabatan, sekarang sudah kita pangkas hanya 3 kelompok jabatan saja. Jadi ini sangat lincah,” ungkap Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Diharapkan dengan adanya perubahan aturan ini, PNS akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk naik pangkat, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan motivasi mereka dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kebijakan ini akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2024, dan diharapkan akan membawa dampak positif bagi pegawai dan pelayanan publik di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan pelayanan publik akan semakin efisien dan berkualitas untuk kepentingan masyarakat.

(Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved