Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Puluhan Mesin Kapal Diserahkan oleh Wakil Bupati Rendi Solihin untuk Tingkatkan Ekonomi Nelayan Pesisir

Terbit: 26 Agustus 2023

Ekonomi Nelayan Pesisir
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin dalam penyaluran bantuan puluhan mesin kapal kepada nelayan di kawasan Sangasanga Muara

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah memberikan bantuan puluhan mesin kapal kepada nelayan di kawasan Sangasanga Muara. Dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi nelayan pesisir, Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, secara simbolis menyerahkan mesin kapal kepada para nelayan.

Inung, Koordinator Nelayan Sangasanga Muara, menyambut bantuan ini dengan perasaan haru dan syukur. Hal serupa juga dirasakan Tukul, Koordinator Nelayan Sarijaya, juga merasa senang dengan bantuan ini. Ia mengatakan bahwa mesin kapal berkualitas yang mereka terima adalah suatu angin segar bagi nelayan di Kecamatan Sangasanga. Bantuan ini memberikan kesempatan baru bagi nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

“Pak Wabup memberikan 50 mesin kapal kepada kami. Bantuan ini sangat membantu para nelayan dalam mencari ikan dan udang di lautan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin menjelaskan, pemberian bantuan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten dalam mendukung program pembangunan pertanian berbasis kawasan. Sektor perikanan menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian melalui bantuan berupa mesin, perahu, dan alat tangkap ikan.

Bantuan ini merupakan bagian dari Program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Kartanegara 2022-2026. Rendi Solihin menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, paling tidak 25 ribu nelayan produktif akan menjadi penerima manfaat dari program ini.

Ekonomi Nelayan Pesisir
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin dalam penyaluran bantuan puluhan mesin kapal kepada nelayan di kawasan Sangasanga Muara

“Bantuan ini semua untuk mendukung perekonomian masyarakat. Ini adalah prioritas dan agenda Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan terus diwujudkan hingga tahun 2024,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Kutai Kartanegara, pada 2021, sekitar 7.000 nelayan dan pembudidaya telah menerima manfaat dengan anggaran lebih dari Rp 130 miliar. Pada tahun 2022, anggaran sebesar Rp 180 miliar dialokasikan untuk memberikan manfaat kepada 8.500 nelayan dan pembudidaya. Pada tahun 2023, tersedia anggaran sebesar Rp 219 miliar untuk 9.500 nelayan di seluruh wilayah Kutai Kartanegara.

Rendi Solihin menyatakan optimisme bahwa hingga akhir tahun 2023, program ini akan berhasil mencakup 25 ribu nelayan produktif. Ia menekankan bahwa inisiatif ini mendukung visi Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai lumbung pangan terbesar di Provinsi Kalimantan Timur.

“Mudah-mudahan hingga tahun 2027, sektor pertanian dalam arti luas di Kutai Kartanegara dapat meningkat 40 persen untuk mengurangi ketergantungan pada sektor migas,” tutupnya.

(Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved