Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Studi Tiru Tata Kelola Pariwisata, Dispar Kutim Boyong Pegiat Wisata ke NTB

Terbit: 2 Desember 2023

Studi Tiru Tata Kelola Pariwisata
Suasana kegiatan studi Dispar Kutim di NTB untuk boyong pegiat wisata. (ist)

Prolog.co.id, Lombok – Dalam upaya untuk meningkatkan tata kelola pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur (Kutim) membawa sejumlah pegiat wisata, termasuk anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan praktisi wisata, dalam kunjungan studi tiru ke sejumlah tempat wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rombongan yang terdiri dari 19 orang tiba di lokasi pada Kamis (30/11/2023).

Rundown kunjungan menunjukkan bahwa kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 4 hari, dengan destinasi termasuk Pantai Kuta Lombok, Sirkuit Mandalika, Kampung Etnik Ende Suku Sasak, dan tempat pusat pernak-pernik mutiara.

Pada hari pertama, rombongan langsung menuju Pantai Kuta Lombok, melanjutkan ke Sirkuit Mandalika, Kampung Etnik Ende Suku Sasak, Kampung Tenun, dan berakhir di Pusat Cendramata Mutiara di Kota Mataram.

Tour guide, Lalu Mahsun, menyampaikan apresiasi tinggi kepada rombongan Kutim yang memilih Lombok sebagai tujuan studi tiru terkait tata kelola pariwisata.

Dia berharap agar pengalaman ini dapat diadopsi oleh Kutai Timur, dan kolaborasi semacam ini dapat terus berlanjut, mendukung perkembangan destinasi pariwisata, terutama di desa-desa wisata.

“Ini luar biasa, semoga nanti teman-teman dari Kutai Timur juga mengadopsi cara dan tata kelola pariwisatanya. Kolaborasi ini diharapkan terus berlanjut sehingga destinasi-destinasi wisata khususnya desa-desa wisata yang ada di sana juga bisa berkembang,” ujarnya.

Pendamping kegiatan dari Dispar Kutim, yang akrab disapa Efi, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari agenda studi tiru dengan harapan para peserta dapat menerapkan sistem ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

“Sehingga sepulang dari kegiatan ini, teman-teman peserta tour studi tiru bisa menerapkan di tempat dan spot wisata masing-masing,” tandasnya. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved