Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pemprov Kaltim Segera Realisasikan Kerja Sama dengan Tiongkok

Terbit: 6 Februari 2024

Kerja Sama Dengan Tiongkok
Kabid Promosi dan Penanaman Modal, Arie N.N Oetomo. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Sinyal-sinyal untuk menjalin kerja sama yang kuat dengan Tiongkok tampaknya akan segera direalisasikan oleh Pemprov Kaltim. 2024 ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim membeberkan bahwa Tiongkok tertarik untuk berinvestasi di bidang perindustrian, perdagangan, pertanian, pariwisata, dan pendidikan.

Dijelaskan oleh Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Penanaman Modal, Arie N.N Oetomo bahwa proses yang sudah berjalan antara Pemprov Kaltim dan Tiongkok ini meliputi proses persetujuan.

“Selain itu juga kita masih mengumpulkan data dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), serta menyeleksi kembali sektor yang bisa untuk bekerja sama,” jelas Arie belum lama ini.

Dalam waktu dekat ini, lebih tepatnya sekitar Mei mendatang, delegasi dari Tiongkok akan bertandang ke Kaltim. Tujuannya untuk tindak lanjut kerja sama dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

“Kerja sama ini juga merupakan inisiatif langsung dari Pemprov Kaltim,” sambung dia.

Tak dapat dimungkiri, kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim jadi salah satu daya tarik para investor dari negara asing untuk berinvestasi. Arie mengatakan, sebelumnya Tiongkok sudah lebih dulu menjalin kerja sama dengan Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Tapi bergeser ke Kaltim karena adanya IKN yang akan jadi pusat perekonomian negara,” sambung Arie.

Spesifik untuk sektor industri, Kaltim rencananya akan mengembangkan dan membangun pabrik mobil listrik, truk listrik, hingga alat berat listrik. Ada rencana pembangunan pabrik perakitan mobil di Kaltim, namun masih akan menggunakan mesin yang didatangkan dari Pulau Jawa.

“Nanti akan dibangun pabrik perakitan mobil di Kaltim, walau mesinnya sementara ini masih didatangkan dari Jawa,” tandasnya. (Gia)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved