Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Mengatur Keuangan agar Tak Boros, Ini 5 Tips Jitu

Terbit: 11 Februari 2024

mengatur keuangan agar tidak boros
Ilustrasi mengatur keuangan agar tidar boros.

Prolog.co.id – Di era modern, mengatur keuangan menjadi kunci utama mencapai stabilitas dan kemandirian finansial. Tak jarang, gaya hidup konsumtif dan godaan diskon menggiring kita pada kebiasaan boros. Artikel ini akan membantumu mengendalikan keuangan dengan 5 tips jitu berikut:

1. Buatlah Catatan Pengeluaran

Langkah pertama adalah mencatat semua pengeluaran, baik besar maupun kecil. Gunakan aplikasi pencatat keuangan atau buku catatan sederhana. Catat tanggal, kategori pengeluaran, dan jumlahnya. Dengan melacak pengeluaran, kamu akan lebih sadar ke mana uangmu pergi dan dapat mengidentifikasi area yang perlu dihemat.

2. Susunlah Anggaran yang Realistis

Berdasarkan catatan pengeluaran, susunlah anggaran yang realistis. Alokasikan dana untuk kebutuhan primer seperti tagihan, makanan, dan tempat tinggal. Sisihkan pula dana untuk tabungan dan investasi. Gunakan metode budgeting seperti 50/30/20 (50 persen kebutuhan, 30 persen keinginan, 20 persen tabungan dan investasi) sebagai panduan.

3. Prioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Bedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang esensial untuk kelangsungan hidup, sedangkan keinginan adalah hal yang tidak esensial dan dapat ditunda. Hindari pembelian impulsif yang tidak sesuai dengan anggaran dan prioritaskan kebutuhanmu.

4. Gunakan Uang Tunai atau Debit daripada Kredit

Kartu kredit dapat memicu pengeluaran berlebihan karena kemudahan aksesnya. Gunakan uang tunai atau kartu debit untuk membatasi pengeluaran. Ketika uang tunai habis, kamu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan.

5. Biasakan Menabung dan Berinvestasi

Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilanmu untuk tabungan dan investasi. Tabungan dapat digunakan untuk dana darurat atau tujuan jangka pendek, sedangkan investasi untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun.

Selain 5 tips di atas ada pula tips lain mengatur keuangan agar lebih hemat.

Berikut tips tambahan untuk mengatur keuangan:
  • Masak di rumah: Hindari makan di luar yang lebih mahal.
  • Buatlah daftar belanja: Buatlah daftar belanja sebelum pergi ke supermarket untuk menghindari pembelian impulsif.
  • Manfaatkan promo dan diskon: Cari promo dan diskon yang menguntungkan, namun jangan sampai tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  • Cari penghasilan tambahan: Jika memungkinkan, carilah pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan.

Mengatur keuangan agar tidak boros membutuhkan disiplin dan komitmen. Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, kamu dapat mencapai stabilitas keuangan dan mewujudkan tujuan finansialmu.

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved