Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Transformasi Infrastruktur Jalan Poros di Kahala-Tabang Kukar: Perubahan Signifikan di Tahun 2023

Terbit: 2 Oktober 2023

jalan poros Kahala-Tabang
Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), mengalami terobosan besar dalam pembangunan infrastruktur jalan yang terletak di wilayah hulu. Dalam upaya meningkatkan konektivitas, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Restu Irawan, mengumumkan bahwa proyek semenisasi jalan poros Kahala-Tabang sepanjang 7,6 kilometer akan segera rampung pada akhir tahun ini.

Pada tahun 2022, Dinas PU Kukar telah melaksanakan perbaikan jalur tersebut dengan alokasi anggaran mencapai Rp 35,5 Miliar. Tahun ini, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 49 Miliar untuk memperbaiki jalur transportasi masyarakat hulu tersebut.

“Proyek ini melibatkan pengaspalan jalan sepanjang sekitar 6 kilometer dengan biaya Rp 32 Miliar. Sementara itu, Rp 2,3 Miliar digunakan untuk penurapan jalan dan semenisasi sekitar 200 meter pada tahun sebelumnya,” ungkap Restu Irawan, belum lama ini.

Restu menjelaskan bahwa pengerjaan ruas jalan pada tahun ini akan berfokus pada dua titik berbeda, yakni di Desa Kahala sepanjang 5,6 kilometer dan Sebelimbingan sepanjang 2 kilometer.

“Dari total anggaran Rp 49 Miliar, Rp 17 Miliar dialokasikan untuk ruas jalan Sebelimbingan, dan Rp 32 Miliar untuk ruas jalan Kahala,” katanya.

Pembenahan infrastruktur konektivitas antar wilayah telah menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin sejak awal masa jabatan mereka pada tahun 2021.

“Selain proyek ini, akan ada peningkatan pada jalan poros Kenohan-Kembang Janggut sepanjang 8 kilometer yang direncanakan untuk dilaksanakan tahun depan. Pembangunan akan mencakup 2 kilometer di ruas Kahala dan 6 kilometer di ruas Sebelimbingan. Insya Allah, proyek ini akan kami kerjakan pada tahun mendatang,” ujar Restu.

Beberapa ruas jalan kabupaten lainnya juga telah mengalami peningkatan dan terus diperbaiki, termasuk jalan poros kecamatan Kenohan dan Tabang, yang menjadi jalur sentral menghubungkan tiga kecamatan di wilayah tersebut.

Transformasi ini menandai langkah besar menuju konektivitas yang lebih baik dan pembangunan yang berkelanjutan di Kukar. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved