Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

UMK Kaltim 2024 Naik, Samarinda Menjadi yang Tertinggi

Terbit: 1 Desember 2023

UMK Kaltim
Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, saat mengumumkan UMK kabupaten dan kota se-Kaltim di Ruang VVIP Rumah Jabatan Gubernur Kaltim.

Prolog.co.id, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) se-Kaltim tahun 2024.

Penetapan UMK 2024 disampaikan oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, pada Kamis (30/11) di Ruang VVIP Rumah Jabatan Gubernur Kaltim. Akmal didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Rozani Erawandi.

Akmal mengatakan, penetapan UMK 2024 sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023. Formula penyusunan UMK 2024 dilakukan dengan mempertimbangkan variabel pertumbuhan ekonomi, inflasi, serta indeks tertentu.

“UMK 2024 berlaku bagi buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun pada perusahaan yang bersangkutan. Sementara untuk pekerja/butuh yang memiliki kualifikasi tertentu yang disyaratkan dalam jabatan dapat diberikan upah lebih besar dari upah minimum,” kata Akmal.

Adapun kenaikan UMK di Samarinda menjadi yang tertinggi di Kaltim, sebesar Rp 3.497.124 atau lebih tiggi 5,04 persen dari tahun 2023. Disusul, UMK Balikpapan sebesar Rp 3.360.858, UMK Bontang sebesar Rp 3.275.595, dan UMK Kutai Kartanegara sebesar Rp 3.256.506 (lebih rinci lihat grafis).

UMK Kaltim

Akmal melanjutkan, upah bagi pekerja/butuh yang masa kerjanya satu tahun atau lebih dapat berpedoman kepada struktur dan skala upah yang wajib disusun dan diterapkan oleh perusahaan. Berlaku bagi buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun pada perusahaan yang bersangkutan. Sementara untuk pekerja/butuh yang memiliki kualifikasi tertentu yang disyaratkan dalam jabatan dapat diberikan upah lebih besar dari upah minimum.

“Upah bagi pekerja/butuh yang masa kerjanya satu tahun atau lebih dapat berpedoman kepada struktur dan skala upah yang wajib disusun dan diterapkan oleh perusahaan,” terang Akmal.

Lebih lanjut, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini menegaskan, UMK 2024 yang telah disebutkan sudah mulai berlaku terhitung pada 1 Januari 2024 mendatang. (Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved