Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Wakil Bupati Kutai Timur Membuka Pendidikan Relawan PMI: Pelatihan Pertolongan Pertama hingga Tanggap Bencana

Terbit: 11 Desember 2023

Pendidikan Relawan PMI
Wakil Bupati Kutim Buka Pendidikan Relawan PMI, Diberi Pelatihan Pertolongan Pertama hingga Tanggap Bencana. (ist)

Prolog.co.id, SangattaKasmidi Bulang, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Timur, membuka program pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) Relawan PMI di gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kutai Timur. Sekretaris PMI Kutai Timur, yang juga menjabat sebagai Kepala Markas PMI Kutai Timur, Wilhelmus Wio Doi, SE, turut hadir dalam acara tersebut.

Pendidikan berlangsung dari tanggal 11 hingga 20 Desember 2023 dengan tujuan mempersiapkan tenaga yang siap menangani kebencanaan dan memberikan pelayanan kemanusiaan.

“Materi pelatihan mencakup Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Siaga Bencana, Perawatan Keluarga, Pendidikan Remaja Sebaya, Hukum Humaniter, Kepemimpinan, Restoring Family Link (RFL), dan topik lainnya,” ungkap Kasmidi Bulang.

“Ini merupakan tanggung jawab PMI di semua tingkatan untuk memberikan bekal kepada para relawan sebelum mereka ditugaskan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Kepalang Merahan nomor 1 tahun 2018, serta Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi,” tambahnya.

Kasmidi Bulang juga menekankan peran Korps Sukarela (KSR) sebagai ujung tombak PMI dalam menjalankan tanggung jawab tersebut, menyamakan perannya dengan anak panah dan PMI sebagai busurnya.

“Dengan pertambahan usia Bumi, kita sebagai manusia harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian yang dapat menyebabkan dan menimbulkan korban. Hal ini mendorong PMI untuk terus mengembangkan SDM dan menambah jumlah relawan baik dari segi kuantitas maupun kualitas, sehingga dapat memberikan pelayanan sesuai dengan tugas dan fungsi PMI,” jelas Kasmidi Bulang.

Kegiatan ini melibatkan relawan PMI dari berbagai wilayah Kutai Timur, termasuk Sangatta Utara, Bengalon, Rantau Pulung, Kaliorang, dan Karangan.

Sementara itu, unsur Korps Sukarela (KSR) dari unit Perguruan Tinggi, seperti STIPER dan STAI Sangatta, serta Relawan Markas juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Para peserta mendapatkan pelatihan dari fasilitator yang telah bersertifikasi nasional yang berasal dari PMI Provinsi Kaltim,” tambahnya. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved