Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Antipasi Pertambangan Tak Berizin, Novan Minta Pemkot Perketat Pengawasan Izin Pembukaan Lahan

Terbit: 26 Oktober 2023

Pertambangan Tak Berizin
Lahan milik Pemkot Samarinda di Kecamatan Sambutan yang diduga ditambang secara ilegal.

Prolog.co.id, Samarinda – Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny meminta Pemkot Samarinda untuk lebih teliti dalam memberikan izin pengusaha untuk membuka lahan. Hal ini lantaran kerap terjadi penyalahgunaan dari izin pembukaan lahan.

Novan menyebut, banyak pengusaha yang justru memanfaatkan izin yang sudah dikantongi untuk melakukan aktivitas pertambangan batu bara.

“Modusnya sering begitu, membuka lahan untuk permukiman tapi sembari menambang,” terang Novan.

Sedangkan untuk izin yang sudah diberikan, Novan meminta agar pemerintah bisa melakukan pengawasan dengan optimal. Khususnya kepada izin-izin pematangan lahan yang menjamur di Samarinda. Menurutnya fenomena ini sudah sering terjadi, dan semestinya Pemkot Samarinda bisa lebih serius dalam melakukan langkah pencegahan.

“Jadi, bagaimana implementasinya di lapangan ya harus sesuai. Izinnya matangkan lahan, masa kegiatannya malah menambang batu bara,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan, seluruh aktivitas pematangan lahan di Kota Tepian harus mengantongi izin. Izin tersebut juga harus sesuai antara peruntukkannya, dan pelaksanaannya di lapangan.

Untuk memastikan keseriusan DPRD Samarinda dalam memandang kejadian ini, pihaknya akan segera berkoordiansi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda, dan beberapa instansi lain yang berkaitan dengan pemberian izin pembukaan lahan.

“Supaya kami bisa memvalidasi izin-izin yang sudah dikeluarkan, dengan aktivitas di lapangan,” tutupnya. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved