Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

APBD Naik Pesat, Komisi IV DPRD Samarinda Dorong Peningkatan Dana BOSDA

Terbit: 27 Oktober 2023

Dana BOSDA
Ilustasi kegiatan belajar mengajar.

Prolog.co.id, Samarinda – Peningkatan kualitas pendidikan masih menjadi salah satu PR besar yang terus berusaha diselesaikan Pemkot Samarinda. Dengan kenaikan APBD Samarinda pada tahun anggaran 2024 nanti, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti pun mengarahkan agar anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Samarinda bisa ditingkatkan.

Peningkatan alokasi untuk BOSDA ini disampaikannya untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih optimal untuk 135 pelajar, yang tersebar di 803 satuan pendidikan yang ada di bawah kewenangan Pemkot Samarinda.

“Dengan pendidikan yang optimal, dan berkualitas, maka Samarinda akan memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas,” tegasnya.

Sebagai informasi, Dana BOS diberikan kepada sekolah-sekolah baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Dana ini digunakan untuk biaya operasional sekolah seperti gaji guru dan karyawan, kebutuhan belajar mengajar seperti buku dan alat tulis, serta keperluan lainnya seperti biaya listrik, air, dan perawatan gedung sekolah.

“Dana BOS ini juga bisa digunakan untuk menangani persoalan yang harus dihadapi anak-anak yang berangkat dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang sulit. Jadi kita tetap bisa memastikan anak-anak bisa melanjutkan pendidikannya, tanpa terkendala urusan ekonomi,” terangnya.

Pelaksanaan dana BOS pada tahun sebelumnya (2022) berdasarkan atas Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022 mengenai Petunjuk Teknis Pengelola Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, dan Bantuan Operasional Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved