Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Bangun Sinergitas, Lahirkan Pemuda Berkualitas untuk IKN

Terbit: 27 Oktober 2023

Lahirkan Pemuda Berkualitas
Suasana Gerak Jalan Kirab Pemuda di Halaman GOR Kadrie Oening, Samarinda.

Prolog.co.id, Samarinda – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepemudaan jadi fokus utama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Terlebih, hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Benua Etam, jadi tolak ukur peningkatan kapasitas pemuda.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, pemuda harus menjadi pelaku utama dalam pembangunan daerah. Terutama dengan adanya IKN.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, pemuda Kaltim menjadi pusat peradaban pemuda,” sebut Rasman, saat ditemui acara Kirab Pemuda di Halaman Parkir Gor Kadrie Oening, Kamis pagi, 26 Oktober 2023.

Dispora Kaltim melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pemuda yang berkualitas. Salah satunya ialah melakukan pelatihan kepemimpinan dan peningkatan fisik.

“Seperti kirab pemuda ini. Ini menjadi bagian upaya kita melatih pemuda dari sisi kepemimpinan dan dari fisik,”terangnya.

Selain itu, Dispora Kaltim juga melatih soft skill pemuda melalui pelatihan-pelatihan keterampilan di berbagai bidang.

“Jangan sampai dia berkoar-koar dengan para ‘naga’ tapi dia tidak siapkan sebagai pelaku pemuda yang tangguh terhadap zaman,”katanya.

Meskipun begitu, ia mengakui upaya perwujudan tersebut tidak bisa dibebankan sepenuhnya Dispora Kaltim semata. Perlunya kolaborasi lintas sektor.

Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A), serta OPD lainnya yang berkaitan.

“Harus kolaborasi ini. Disinilah pentingnya ada namanya lintas sektoral. Jadi kalau mengurus pemuda itu, jangan hanya Dispora saja yang dibebankan,” pungkasnya. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved