Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Deteksi Awal Pengembangan Pemuda di Kaltim

Terbit: 15 November 2023

kualitas SDM
Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Rasman Rading. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Pemerintah provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor kepemudaan.

Minat dan bakat pemuda jadi hal serius yang disoroti Dispora Kaltim. Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading menyebutkan, punya tekad meningkatkan SDM melalui pemuda dan pemudi yang aktif di segala sektor.

Hal tersebut dilakukan, agar generasi yang disebut Milenial ini bisa difasilitasi sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Segala sesuatu itu harus by design. Harus didesain sejak awal,” kata Rasman.

Rasman menilai, dalam fasilitasi pengembangan pemuda tak bisa hanya sekadar melalui pelatihan-pelatihan yang sifatnya hanya menggugurkan kewajiban.

Ia juga berpendapat, mesti ada deteksi awal, sehingga bisa terlihat potensi seseorang itu untuk diarahkan dalam mengeksplorasi bakat dan minatnya.

“Saya sudah mengusulkan hal itu, jadi bisa kelihatan apa yang dibuat. Kalau hanya buat pelatihan ini itu saja tanpa arah jelas, itu sama seperti membuang garam di lautan,” sebutnya.

Sementara untuk tahapan pembinaan yang bakal dilakukan, Rasman menjelaskan bahwa pentingnya kerja sama lintas sektoral. Sebab, hal telah diatur dalam Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“Contoh, pembinaan di tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja, atau mahasiswa di kampus-kampus, seharusnya bisa dikoordinasikan untuk kemudian pemerintah bisa memfasilitasi dalam membentuk karakter dari bakat yang sudah dipetakan,” tandasnya. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved