Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Dispora Kaltim Genjot Pelatihan Pemuda di Sektor Kuliner

Terbit: 10 November 2023

pemuda wirausaha
Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat melakukan pelatihan pembuatan kursi tanpa di pungut biaya. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim siap menggelar pelatihan pemuda wirausaha pemula di Kutai Timur pada 13 hingga 25 November 2023 mendatang.

Kegiatan ini akan dipusatkan di dua kecamatan, yakni Long Mesangat dan Busang. Namun, perihal waktu pelaksanaan, masih disesuaikan pihak Dispora Kaltim.

Menurut Kepala Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading, pihaknya terus mendongkrak pola pikir pemuda dan pemudi di Benua Etam. Salah satunya dengan kegiatan seminar kewirausahaan, sebagai bentuk pengembangan diri untuk menjadi seorang pengusaha serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Supaya pemberian materinya tak tergesa-gesa, pesertanya pun tidak hanya separuh-separuh. Jadi betul-betul pure menerima materi karena kepentingan mereka,” kata Rasman.

Diketahui, di Long Mesangat akan diadakan 5 bidang pelatihan. Yakni, bidang sablon dan desain, bidang peternakan, bidang tata boga, bidang perbengkelan dan bidang makeup artist.

Sementara untuk di Busang sendiri bakal diadakan 4 bidang pelatihan. Antara lain bidang mengukir, bidang perikanan, bidang peternakan dan bidang perbengkelan.

Pesertanya sendiri berjumlah 180 orang yang telah didata oleh Dispora Kaltim. Jumlah tersebut berasal dari berbagai desa dari 2 kecamatan tersebut.

“Dari Desa Sumber Agung, Tanah Abang, Sumber Sari, Mukti Utama, Segoi Makmur, Mekar, Senambah, Kelinjau. Ada pula Long Nyelong, Long Lees, Long Pejeng, Long Bentuk, Rantau Sentosa, Longpoq Baru, Teluk Baru dan Long Tesak,” ujarnya.

Menjadi perhatian adalah biaya dari seluruh pelatihan tersebut. Rasman menegaskan bahwa seluruh pelatihan ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis kepada peserta.

“Gratis ini. Seperti di tata boga itu, bahkan kita kasih alat kepada pesertanya. Mereka dilatih untuk bisa membuat 10 jenis produk kuliner,” tandasnya. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved