Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Dispora Kaltim Komitmen untuk Rangkul Pemuda Disabilitas

Terbit: 16 November 2023

Pemuda disabilitas
Kepala Bidang Pengembangan Dispora Kaltim, Rasman. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Pemuda disabilitas di Benua Etam tak luput dari perhatian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading menyebutkan, pihaknya telah membentuk forum disabilitas Kaltim yang mengayomi pemuda disabilitas.

Menurutnya, pembentukan forum tersebut, sesuai dengan visi dan misi gubernur Kaltim periode 2018-2013.

“Kita melakukan pembinaan ini sebagai rangkaian dari visi misi gubernur,” kata Rasman.

Rasman berpendapat, pembinaan kepada pemuda disabilitas sangat penting dalam kemajuan suatu daerah. Sebab, dengan pembinaan itu, daerah telah membuka ruang kepada mereka yang merasa dipinggirkan.

“Forumnya sudah terbentuk juga di beberapa kabupaten dan kota,” imbuh Rasman.

Ia berharap masyarakat bisa menerima pemuda disabilitas hadir di lingkungan mereka tanpa memandangnya rendah. Sebab, para difabel juga memiliki keterampilan dan semangat yang sama.

“Mereka adalah bagian dari masyarakat yang selalu termarjinalkan. Penglihatan kita saja yang melihat mereka cacat, padahal mereka itu sebenarnya orang yang sempurna,” sebutnya.

“Kita harus memberikan edukasi, agar mereka diayomi, dihargai, merasakan dampak positif kehadiran pemerintah. Salah satu bukti kami sangat menghargai mereka, kami memiliki staf khusus juru bahasa isyarat,” tambahnya.

Dispora Kaltim juga berkomitmen untuk melibatkan pemuda disabilitas dalam setiap kegiatan. Hal ini dinilai mampu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mereka juga mampu untuk bekerja seperti orang-orang yang dalam kondisi normal.

“Mereka senang dilibatkan. Bahkan kami biasa memamerkan hasil karya para pemuda disabilitas ini. Semoga dengan sering dilibatkannya pemuda disabilitas, masyarakat juga bisa mengubah pemikiran mereka mengenai para pemuda disabilitas,” tutup Rasman. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved