Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Rutin Gelar Pelatihan

Terbit: 16 Oktober 2023

Rutin Gelar Pelatihan
Program Pelatihan yang digagas Pemkot Samarinda melibatkan pelajar tingkat SMK. (ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti meminta agar Pemkot Samarinda bisa sering melakukan pelatihan untuk warga Samarinda yang tergolong dalam usia kerja. Permintaan ini ia sampaikan setelah melihat angka pengangguran di Kota Tepian yang terbilang tinggi.

Puji membeberkan bahwa generasi muda cenderung lebih ingin untuk kerja sebagai aparatur pemerintahan, karena sektor tersebut dianggap lebih stabil. Kondisi ini menyebabkan persaingan ketat untuk lowongan kerja yang tersedia di sektor tersebut.

“Ini diperparah dengan lapangan pekerjaannya terbatas. Baik di kantor pemerintahan, atau di sektor swasta,” terangnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan bahwa anak-anak Samarinda yang lulus dari jenjang SMK ini tidak mendapatkan pembinaan yang optimal. Tanpa tindak lanjut yang serius, dan minimnya sarana untuk mengembangkan keterampilan mereka, maka lulusan SMK pun banyak yang menganggur karena tak bisa terserap di dunia kerja.

“Pemerintah bisa kok membantu, ya itu tadi. Bisa dengan pelatihan, atau pemberian modal,” sambungnya.

Pemberian modal bisa diberikan untuk merangsang masyarakat agar bisa menjadi pengusaha. Dengan begitu masyarakat juga berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya.

Sehingga masyarakat tak lagi bergantung dengan lowongan pekerjaan di kantor-kantor pemerintahan, ataupun perusahaan swasta. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved