Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

DPRD Samarinda Minta Pemerintah Manfaatkan Aset yang Tidak Produktif

Terbit: 19 Oktober 2023

Aset Tidak Produktif
Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar.

Prolog.co.id, Samarinda – Banyak lahan ‘tidur’ di Samarinda yang sejatinya merupakan aset Pemkot Samarinda. Sayangnya, lahan-lahan tersebut tak dimanfaatkan dengan optimal. Karenanya, Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar mendorong agar pemerintah bisa lebih optimal dalam memanfaatkan lahan-lahan tersebut.

Contohnya dengan menggunakan lahan tersebut sebagai lokasi pengembangan sektor pertanian. Menurutnya, sektor pertanian di Samarinda masih memiliki peluang yang besar untuk memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat dan daerah.

“Jadi, roda perekonomian masyarakat ini bisa terus bergerak dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tutur dia.

Untuk memaksimalkan manfaat lahan tersebut, agar bisa turut serta dirasakan masyarakat, maka Pemkot Samarinda bisa bekerja sama dengan masyarakat yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani. Hal tersebut menurutnya, bisa memberikan lapangan kerja baru bagi warga Kota Tepian.

Jika tidak memungkinkan, Pemkot Samarinda juga bisa mengelola lahan tersebut dengan bekerja sama dengan pihak ketiga atau pihak swasta. Sehingga lahan tersebut tetap bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

“Ada pemasukan tambahan untuk daerah, bisa lewat bagi hasil, atau retribusi yang dibayarkan ke daerah,” sambungnya.

Selain pertanian, Deni juga mempersilakan jika pemerintah ingin mengembangkan lahan tersebut di bidang peternakan. Menurutnya kebutuhan pangan memang tak hanya berkaitan dengan produksi hasil pertanian, namun juga peternakan. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved