Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

DPRD Tegaskan Semua Penginapan Perhatikan Izin Usaha

Terbit: 10 November 2023

Izin Usaha penginapan
Komisi I DPRD Samarinda saat melakukan tinjauan ke penginapan-penginapan di Samarinda. (ist)

Prolog.co.id, Samarinda – DPRD Samarinda melalui Komisi I melaksanakan tinjauan lapangan atas sejumlah penginapan yang ada di Samarinda. Penginapan yang disasar Komisi I DPRD Samarinda adalah penginapan berjenis guest house. Namun dari hasil tinjauan yang dilakukan, sebagian besar pemilik usaha penginapan ini menyajikan fasilitas sekelas hotel berbintang.

Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal pun angkat bicara. Kepada pemilik usaha penginapan ini, ia meminta agar bisa dilakukan penyesuaian terhadap jenis fasilitas yang sediakan dengan klasifikasi yang tertuang dalam perizinannya.

Joha yang termasuk dalam Panitia Khusus (Pansus) penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang izin kos, guest house dan hotel melati menegaskan bahwa pihaknya memang tengah memberikan perhatian khusus terhadap kondisi ini. Raperda tersebut disusun oleh DPRD Samarinda melalui Komisi I setelah berdiskusi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Samarinda.

“Kondisi ini muncul karena semakin banyaknya rumah tamu yang berkembang tanpa mempertimbangkan perizinannya,” tegasnya.

Ia menambahkan, sejatinya setiap usaha harus bisa mengantongi izin yang tidak hanya sah, namun sesuai dengan klasifikasinya. Dengan begitu, dalam pelaksanaannya, usaha yang ada tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang bertentangan dengan ketentuan yang sudah diatur.

“Selain itu juga kita ingin menciptakan iklim usaha yang lebih sehat di Samarinda,” tutupya. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved