Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda, Pj Gubernur Kaltim Ingin Pemuda Berperan dalam Penyelesaian Masalah Nasional

Terbit: 30 Oktober 2023

upacara Hari Sumpah Pemuda
Suasana pengibaran bendera merah putih dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 di Halaman Gelora Kadrie Oening, Samarinda pada Sabtu pagi, 28 Oktober 2023.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir pula Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma, dan jajaran pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, peserta upacara juga diwarnai dengan perwakilan dari SMA/SMK, mahasiswa seluruh perguruan tinggi dan seluruh lembaga kepemudaan yang ada di Kota Samarinda.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh tiga orang paskibraka dari perwakilan siswa. Di mana sudah ada musik yang mengiringi, namun nyanyian kemerdekaan dari beberapa peserta mengiringi naiknya sangsaka merah putih tak dapat dibendung.

Dalam amanatnya, ispektur upacara menyampaikan nilai-nilai dalam kepemudaan. Pada peringatan sumpah pemuda ini mengingatkan akan gotong royong seluruh elemen masyarakat.

“Momentum ini mengingatkan kita akan sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan,” kata Akmal Malik.

Dalam amanat tersebut juga ia menitipkan pesan agar semangat para pemuda di Kaltim hari ini tidak kalah dengan para pemuda di zaman dulu.

Saat ini pemuda dan pemudi mendapatkan tempat terhormat dalam pembangunan nasional. Posisi Indonesia memang serang berproses dalam penyelesaian persoalan.

“Ada banyak hal, mulai dari korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian serta problem bangsa lainnya, yang diharapkan ada peran pemuda untuk memberantas itu,” ucapnya.

Setelah memberikan amanat saat pelaksanaan upacara tersebut ditutup dengan menyanyikan lagi mengheningkan cipta. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved