Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Kemenkop-UKM Berkomitmen Dampingi Pemkab Kukar dalam Pengembangan Hilirisasi Pertanian

Terbit: 2 Oktober 2023

Pengembangan Hilirisasi Pertanian
Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyambut kedatangan rombongan Kemenkop-UKM.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) Republik Indonesia sepenuhnya berkomitmen untuk mendampingi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam upaya pembangunan dan pengembangan hilirisasi sektor pertanian. Komitmen ini disampaikan oleh Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, saat kunjungannya ke Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyambut hangat rombongan Kemenkop-UKM di Rumah Jabatan Bupati Kukar, Pendopo Odah Etam. Dalam pertemuan tersebut, Bupati Edi memohon bantuan dari Kemenkop-UKM dalam pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak. Selain itu, bantuan juga diminta untuk pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

“Proses pengadaan mesin pabrik rumput laut di Muara Badak kini berada dalam tahap lelang. Oleh karena itu, saya meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM untuk memastikan proses ini berjalan lancar,” ujar Bupati Edi.

Pembangunan kedua pabrik ini diharapkan dapat membawa kesejahteraan kepada petani lokal dan menggairahkan perekonomian masyarakat setempat. Adanya dukungan langsung dari Kemenkop-UKM diharapkan dapat memberikan akselerasi dalam pengembangan hilirisasi produk pertanian di Kukar.

Menyikapi permohonan tersebut, Hanung menyambutnya dengan positif. Dia menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam pembangunan pabrik di kedua kecamatan tersebut. Dukungan ini diberikan agar program Pemkab Kukar dapat berjalan lancar. Program ini sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yaitu mendukung hilirisasi untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

“Hal-hal yang diinginkan oleh Pemkab Kukar akan kami dukung sepenuhnya. Kami akan mengutus tim kami untuk memberikan pendampingan yang dibutuhkan,” ungkap Hanung dengan tegas.

Komitmen ini membuktikan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pengembangan sektor pertanian di Kukar. Dengan bantuan dan dukungan yang bersinergi, diharapkan sektor pertanian di Kukar dapat mencapai potensinya yang penuh, membawa kemakmuran bagi petani, dan mengangkat ekonomi masyarakat setempat ke tingkat yang lebih tinggi. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved