Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Komisi I DPRD Samarinda Minta KPU Bisa Inovatif Tekan Angka Golput

Terbit: 18 Oktober 2023

Tekan Angka Golput
Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal yang mendorong agar KPU bisa pro-aktif menekan angka golput. (ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Tahapan Pemilu 2024 terus berjalan. Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal mengingatkan penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda untuk bisa mengambil langkah yang inovatif. Utamanya dalam menarik minat pemilih agar tidak mengambil sikap Golput.

Joha menuturkan, dari informasi yang ia terima hingga saat ini masih banyak warga Samarinda yang memutuskan untuk golput. Sehingga hal ini perlu ditelusuri penyebabnya dan dievaluasi untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang.

“Harus bisa disiapkan langkah-langkah yang inovatif untuk meningkatkan jumlah pemilih. Namanya Pesta Demokrasi, harus bisa menjadi pesta bagi seluruh masyarakat,” tegasnya.

Dia menambahkan, evaluasi atas penyelenggaraan Pemilu 2019 pun masih terus dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apa yang menyebabkan masyarakat enggan menggunakan hak pilih mereka.

Sehingga harapannya, sembari mencari akar masalahnya, pihaknya berharap KPU bisa terus berinovasi utuk meningkatkan jumlah pemilih yang menggunakan hak mereka.

Sebagai informasi, dalam penyelanggaran Pemilu 2019 silam, partisipasi pemilih di Kota Tepian hanya mencapai 72,2 persen.

Angka tersebut menurun dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 lalu. Dalam agenda pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, hanya ada 52,26 persen masyarakat Samarinda yang menggunakan hak pilih mereka.

Artinya 47 persen masyarakat memutuskan untuk golput dalam memilih pimpinan daerah mereka.
(Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved