Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Komisi III DPRD Sebut Samarinda Masih Kekurangan Lahan untuk Fasilitas Pendidikan

Terbit: 26 Oktober 2023

Fasilitas Pendidikan kurang
Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny.

Prolog.co.id, Samarinda – Pemerataan pendidikan bisa dilakukan salah satunya dengan menambah fasilitas pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun, Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny membeberkan bahwa hingga saat ini Pemkot Samarinda kerap berhadapan dengan sejumlah kendala jika ingin menambah fasilitas pendidikan.

Salah satu kendala yang kerap dihadapi pemerintah adalah persoalan ketersediaan lahan. Novan menyebut jika lahan tak tersedia, maka Pemkot Samarinda pun dipastikan tak bisa menambah unit sekolah baru.

“Jadi sejauh ini yang bisa dilakukan hanyalah melakukan perbaikan, dan penambahan ruang kelas di sekolah-sekolah yang sudah ada. Karena lahan kosong untuk sekolah baru belum tersedia,” beber Novan.

Dia melanjutkan, selain ketersediaan lahan, pembangunan sekolah juga harus mempertimbangkan lokasi, karena berhubungan dengan jarak yang akan ditempuh para peserta didik. Pertimbangan soal perbandingan jumlah penduduk juga menjadi salah satu hal yang dipikirkan pemerintah.

Untuk lahan yang tersedia jauh di kawasan pinggir Samarinda, Novan menyebut harus ada sarana penunjang lain. Seperti infrastruktur yang optimal untuk menjamin kemudahan akses bagi pelajar.

“Jalannya juga harus dipikirkan, masa sudah bangun sekolahnya, tapi akses ke sananya belum bagus,” tegasnya.

Meski begitu, Novan menegaskan bahwa pihaknya di DPRD Samarinda akan terus mendukung seluruh langkah Pemkot Samarinda untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tepian. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved