Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pawai Pembangunan dan Budaya “Kukar Idaman Untuk Indonesia” Akan Meriahkan Tenggarong pada Peringatan HUT ke-78 RI

Terbit: 18 Agustus 2023

Pawai Pembangunan dan Budaya
Bupati Kukar, Edi Damansyah (dua dari kiri) bersama Wabup Kukar, Rendi Solihin (dua dari kanan). (Ist)

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Warga kota Tenggarong akan segera dihibur oleh perhelatan Pawai Pembangunan dan Budaya yang dijadwalkan akan digelar esok hari (19/8/2023). Acara ini diharapkan akan menjadi sorotan dan perayaan yang meriah untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, dengan penuh semangat mengajak seluruh masyarakat Kukar untuk bergabung dan berpartisipasi dalam perayaan ini, dengan tujuan memeriahkan dan menghormati momen penting bagi bangsa. Dalam semangat kebersamaan, tema yang diangkat dalam Pawai Pembangunan dan Budaya ini adalah “Kukar Idaman Untuk Indonesia.”

Rangkaian acara ini akan dimulai dari Jalan KH Ahmad Muksin dengan titik awal di Jembatan Repo Repo. Mengambil rute yang menarik dan menghubungkan sejumlah jalan penting di kota, pawai akan berlanjut melalui Jalan Robert Wolter Monginsidi dan berakhir di Taman Kota Raja (TKR), memberikan pemandangan yang luar biasa bagi peserta dan penonton.

Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengeluarkan Surat Edaran bernomor B-1924/PROKOM/003.1/08/2023 yang bertujuan untuk mengatur partisipasi dan keterlibatan semua elemen masyarakat dalam Pawai Pembangunan dan Budaya ini. Surat tersebut ditujukan kepada berbagai perangkat daerah Kukar, termasuk kecamatan, Perseroda/BUMN, paguyuban, sekolah SD/SMP/SMA, organisasi kepemudaan, keagamaan, dan organisasi wanita di seluruh wilayah.

“Warga diminta untuk berpartisipasi aktif dan memberikan dukungan dalam perhelatan Pawai Pembangunan dan Budaya ini, yang juga sekaligus merayakan semangat HUT ke-78 Republik Indonesia,” ujar Wakil Bupati Rendi Solihin.

Rendi juga menekankan pentingnya keragaman budaya dan inovasi dalam merayakan prestasi pembangunan.

Dalam upaya memeriahkan acara ini, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, serta Perseroda/BUMD diharapkan dapat berkontribusi dengan dekorasi menarik dan kendaraan hias yang menggambarkan prestasi pembangunan dan inovasi yang telah dicapai. Setiap kecamatan juga diundang untuk menampilkan atraksi budaya yang mencerminkan kearifan lokalnya.

Sementara itu, paguyuban, sekolah SD/SMP/SMA, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan organisasi wanita akan ikut berpartisipasi dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” yang merupakan tema nasional HUT ke-78 RI, serta sub tema “Kukar Idaman Untuk Indonesia.”

Dalam semangat kesenian dan budaya, setiap perwakilan akan mengirimkan 50 peserta pejalan kaki, yang akan berjalan bersama kendaraan hias mereka. Dalam upaya menjaga kelancaran acara, setiap peserta diharapkan untuk menampilkan atraksi seni dan budaya yang menghibur, dengan batasan waktu tidak lebih dari dua menit.

Antusiasme dan semangat masyarakat Kukar dalam merayakan Pawai Pembangunan dan Budaya ini diharapkan akan menciptakan momentum yang indah untuk merayakan sejarah dan merangkul masa depan yang lebih cerah bagi Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Peserta pawai dipersilakan menampilkan atraksi seni dan budaya yang menghibur, dan tidak monoton di depan Tribun Kehormatan dengan waktu tidak lebih dari dua menit,” tutup Rendi Solihin.

(Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved