Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pemuda Kaltim Dikirim ke Singapura dan Korea Selatan untuk Ikuti PPAN

Terbit: 10 November 2023

PPAN
Suasana pelaksanaan program PPAN yang pernah diselenggarakan Dispora Kaltim, belum lama ini. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim memberi dukungan penuh kepada pemuda Kaltim yang mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN).

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mengatakan, pada tahun ini ada sejumlah anak muda yang dikirim ke Singapura dan Australia.

“Kami sudah dapat satu orang namanya Talita yang berangkat ke Korea. Kemudian untuk Singapura, namanya Hasbi dari Samarinda,” kata Rasman di Samarinda, belum lama ini.

Rasman menerangkan, pemuda yang terpilih ini telah lolos dari seleksi yang ketat. Seleksi tersebut memiliki pokok-pokok subjek yang dijadikan penilaian.

“Mulai dari bahasa inggris, ada syarat tertentu, yaitu TOEFL. Ada wawasan kebangsaannya ya, pancasila, lebih sulit dari CPNS. Akademisinya, keseniannya, cara presentasinya, hingga interviewnya. Banyak aspek yang kita nilai,” terang Rasman.

Melalui PPAN ini, pemuda-pemudi Kaltim yang terpilih memiliki banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya menjadi Duta Kaltim.

“Ia bisa lebih mengenal adat-istiadat, kesenian dan budaya di negara tujuan. Ia juga bisa menciptakan jaringan informasi, komunikasi dan bisnis dengan negara sahabat. Serta, meningkatkan rasa saling pengertian diantara masyarakat,” tutup Rasman.

Untuk diketahui, program PPAN merupakan inisiatif Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Kemenpora RI akan mengirimkan pemuda terpilih dari berbagai provinsi untuk mengikuti PPAN.

Program tersebut hasil kerja sama Pemerintah RI dengan negara-negara sahabat yang telah diadakan sejak Tahun 1973. PPAN adalah salah satu program untuk mengembangkan generasi muda untuk memperluas pengetahuan dan wawasan. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved