Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Peran Dispora Kaltim untuk Pembinaan Paskibraka

Terbit: 25 Oktober 2023

Pembinaan Paskibraka
Suasana upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di GOR Kadrie Oening Samarinda. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Pemerintah menerbitkan peraturan baru terkait seleksi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).

Kebijakan itu termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Surat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 000.10.3/376/polpum perihal proses pengalihan program paskibraka tahun 2023.

Adapun untuk penerapan aturan terkait seleksi paskibra tersebut akan dimulai pada 2024 mendatang.
Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma, dengan adanya peraturan tersebut, rekrutmen anggota paskibraka akan jadi program antara pihaknya dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim.

“Kami rekrutmen, nanti baru diserahkan ke Kesbangpol,” kata Agus, kepada awak media di Samarinda, belum lama ini.

Meksi nantinya penetapan anggota ditentukan pihak Kesbangpol Kaltim, Agus menyebut, Dispora tetap punya peran terhadap seleksi calon pengibar bendera. “Kami sama-sama membina,” imbuhnya.

Di sisi lain, Agus mengakui ada perintah dari Badan Pembinaan Pemikiran Pancasila (BPIP) dimana pembinaan terkait kesatuan Negara Indonesia dilimpahkan ke Kesbangpol. Tetapi masih ada peran yang dilakukan Dispora Kaltim.

Agus memastikan seleksi paskibraka akan menjadi program kolaborasi antara Dispora Kaltim dan Kesbangpol. Mengingat, pelaksanaan pelatihan dan karantina pun tetap dilakukan di kawasan Gor Kadrie Oening, Samarinda. (Nng/Adv/Disporakaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved