Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pikir-Pikir Gali Potensi PAD dari Aktivitas di Sungai Mahakam

Terbit: 26 Oktober 2023

Potensi PAD
Kapal pengangkut batu bara hilir mudik di Sungai Mahakam.

Prolog.co.id, Samarinda – Padatnya aktivitas pelayaran di Sungai Mahakam dinilai menjadi peluang dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Legislator Basuki Rahmat meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mulai berpikir untuk menggali potensi dari sungai yang membelah Ibu Kota Kalimantan Timur tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah membeberkan potensi PAD yang bisa diperoleh dari hilir mudiknya kapal di Sungai Mahakam. Ia menerangkan, selama ini masyarakat yang berada di Samarinda, setiap harinya bisa melihat kapal-kapal pengangkut batu bara melintas di Sungai Mahakam. Bahkan dalam beberapa kesempatan, antrean kapal bermuatan batu bara tersebut mengantre di sungai yang membelah Kota Samarinda.

“Akan kami usulkan ke Pemkot Samarinda, karena selain beprotensi PAD, aktivitas kapal-kapal tersebut kadang kala juga merugikan masyarakat,” ucapnya.

Ia mencontohkan, sejumlah insiden yang menyebabkan kerugian seperti yang ia sebut sebelumnya. Seperti Misalnya kapal pengangkut yang menabrak tiang jembatan, dan membuat jembatan yang ada harus ditutup untuk sementara waktu selama proses pemeriksaan. Selain itu juga kapal pengangkut yang menabrak pipa milik Perumdam Tirta Kencana Samarinda.

“Sempat kan menabrak aset pengelolaan air, itu kira-kira mengganggu distribusi air tidak. Kalau iya, artinya warga kita lagi yang dirugikan,” imbunya.

Ia berharap, dengan usulan yang akan disampaikannya, Samarinda bisa turut serta memanfaatkan peluang tersebut. Sehingga Samarinda tak melulu merasakan dampak negatif dari kegiatan tersebut.

Dilanjutkannya, selama ini keuntungan yang diperoleh daerah dari aktivitas tersebut hanya bersumber dari pihak ketiga. Sepeti kapal pandu yang mengatur jalannya kapal-kapal pengangkut. Ia berharap daerah dapat memaksimalkan jalur lalu lintas sungai tersebut. Seperti menarik retribusi pada tiap kapal yang melewati jalur Kota Samarinda. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved