Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Rencana Alih Fungsi Kantor Dispora Lama Jadi Museum, Puji Setyowati: Harus Ada Kajian Mendalam

Terbit: 24 Oktober 2023

alih fungsi kantor Dispora
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati. (Dok DPRD Kaltim)

Prolog.co.id, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim mengatakan perlu ada kajian mendalam mengenai rencana alih fungsi kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim sebagai museum. Diketahui, kantor tersebut berlokasi di kompleks GOR Kadrie Oening.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati menjelaskan, pihaknya tentu akan mendukung rencana itu. Namun dengan catatan, bangunan yang akan dijadikan museum itu representatif, layak menerima tamu, dan kondisi gedung yang memungkinkan untuk direnovasi menjadi museum.

“Tapi mungkin kami akan melihat dulu seberapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk merenovasi. Kalau itu jadi destinasi wisata, harus dicari tahu apa yang mesti ditonjolkan di situ,” ujar Puji.

Jika Pemprov Kaltim serius untuk menjadikan kantor lama Dispora Kaltim sebagai museum, maka harus ada kajian mendalam yang serius. Sebab akan ada banyak pertimbangan untuk merealisasikan museum itu.

“Harus ada kajian dulu. Harus dilihat lagi jalannya menuju tempat itu. Kalau museum, jangan sampai plafonnya terlalu rendah, jangan sampai tempatnya panas karena orang kalau berwisata maunya kan sejuk,” sambung politisi dari Partai Demokrat itu.

Puji menyebut, jika kajian pendirian museum sudah ada, maka nantinya akan ada rapat lanjutan dengan pihak terkait. Yakni untuk diskusi lebih lanjut.

“Tapi prinsipnya, kami di Komisi IV untuk program-program pemerintah yang tujuannya untuk menambah aset di Kaltim sebagai daerah wisata, mendukung,” jelas dia lagi.

Puji mendukung penuh untuk perkembangan pariwisata di Kaltim. Apalagi jika tujuannya demi mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kaltim. Sehingga, Kaltim tak lagi terus-terusan bergantung dengan minyak dan gas (migas) serta batu bara.

“Pariwisata ini bisa menaikkan PAD. Seperti Bali, PAD-nya tinggi karena pariwisata. Ini Kaltim sedang menuju ke sana,” tutup Puji. (Kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved