Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Solusi Pengelolaan Limbah Sampah, Dewan Usulkan Keterlibatan Pihak Ketiga

Terbit: 13 Oktober 2023

Solusi Pengelolaan Limbah
Pengelolaan sampah diusulkan libatkan pihak ketiga yang dinilai bisa menjadi solusi terbaik. (ist)

Prolog.co.id, Samarinda – DPRD Samarinda terus menagih keseriusan Pemkot Samarinda dalam menangani persoalan sampah di Kota Tepian.

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani pun mengusulkan agar Pemkot Samarinda bisa melibatkan pihak ketiga, atau mengundang para investor untuk berinvestasi di Samarinda.

“Investasi di bidang pengelolaan sampah. Supaya sampah yang dihasilkan, tidak hanya dibuang begitu saja,” sebut Angkasa.

Namun, jika hal tersebut dianggap terlalu sulit untuk diwujudkan, maka pemerintah harus menggalakan sosialiasi kepada masyarakat.

Pemkot Samarinda bisa memaksimalkan proses edukasi terhadap masyarakat Samarinda. Ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa memilah sampah yang mereka hasilkan, sebelum akhirnya membuang ke TPA.

“Tidak semua sampah harus dibuang ke TPA. Bisa dilakukan pengolahan untuk meminimalisir jumlah sampah yang terbuang ke TPA,” sambungnya.

Dia mengharapkan agar Pemkot Samarinda bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pengolahan sampah bisa menghasilkan keuntungan ekonomi. Melalui proses daur ulang, sampah-sampah tersebut bisa dijadikan produk baru yang dapat dimanfaatkan.

“Sehingga jumlah sampah yang dibuang ke TPA bisa berkurang, karena di rumah sudah dilakukan pemilahan,” pungkasnya. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved