Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Tekan Dampak Negatif Penggunaan HP, Dewan Usul Sarana Pendidikan Gunakan Media Alternatif

Terbit: 22 Oktober 2023

Dampak Negatif Penggunaan HP
Laila Fatihah anggota Komisi II DPRD Samarinda yang mengusulkan dunia pendidikan perlahan harus meninggalkan penggunaan ponsel untuk menghindari dampak buruk kepada siswa.

Prolog.co.id, Samarinda – Pelajar di sekolah mulai dilarang untuk menggunakan telfon genggam atau HP untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kebijakan tersebut menimbulkan perdebatan di kalangan orang tua dan tenaga pendidik. Pasalnya, selama ini penggunaan HP dianggap memudahkan proses pembelajaran.

Namun di sisi lain, narasi tentang dampak HP yang bisa mengganggu konsentrasi belajar siswa juga mulai mencuat.

Untuk itu, Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah pun mengusulkan agar penggunaan HP untuk belajar bisa disubstitusi dengan menggunakan media lain.

“Misalnya dengan Google Chromebook yang memang dirancang khusus sebagai media pembelajaran,” terang Laila.

Laila menuturkan bahwa layar yang terbilang kecil pada ponsel memang tidak ideal untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Sementara merujuk kepada praktik di negara-negara maju yang sudah melarang para siswanya menggunakan ponsel untuk keperluan belajar.

Dia menerangkan bahwa pemanfaatan Google Chromebook mampu memberikan akses yang terbatas pada dokumen bahan ajar. Sehingga yang bisa diakses hanyalah dokumen-dokumen atau materi yang sudah diseleksi pihak sekolah.

“Jadi siswa tidak bisa mengakses internet secara bebas, seperti saat menggunakan ponsel,” lanjutnya.

Namun ia mengakui, bahwa tidak semua pelajar mudah untuk melepaskan kebiasaan mereka yang sudah tergantung dengan penggunaan HP.

Sehingga Laila mengusulkan dilakukan pendekatan yang lebih tegas untuk memastikan bahwa para pelajar benar-benar bisa menggunakan perangkat yang disediakan untuk tujuan pendidikan. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved